Wayangan dalam rangka Hari Jadi ke 67 Desa Panjangrejo Pundong

(RSP)

gerabah pundong

Di Yogyakarta ternyata tidak hanya di Kasongan saja anda dapat menjumpai Kerajinan Gerabah, namun ada satu tempat lahi yang dapat anda kunjungi yakni di desa Panjangrejo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Yogyakarta sekitar 14 Km. kearah selatan kota Bantul.

Sentra industri Gerabah di desa Panjangrejo tersebut sudah dimulai sejak tahun 1978, dan hingga saat ini dirasakan sangat manfaatnya terutama pada sektor penyediaan lapangan pekerjaan. Saat ini dari pengrajin yang ada di desa Panjangrejo sendiri sudah mampu menyerap 148 tenaga kerja yang terampil dan tersebar di beberapa pengrajin yakni antara lain Siti Aji Tri Tunggal, Siti Kencono, dan Sri Puspito yang kessemunaya masih ada diwilayah desa Panjangrejo. Pekerjaan sebagai pembuat gerabah ini seolah hanya merupakan sambilan saja ini dikarenakan pembuatan yang tidak memerlukan waktu yang lama serta terkesan sederhana sehingga bisa di kerjakan tanpa meninggalkan masehari hari yakni beternak dan bertanipundong, gerabah

Di Desa Panjangrejo ini para wisatwan dapat memilih beraneka ragam hasil produk dari tanah liat tersebut, dari yang tradisional seperti tungku, padasan sebagai tempat wudlu atau maron sebagai tempat air dan juga produk yang sudah dkembangkan seperti halnya wine cooler yang berfungsi sebagai tempat botol, kap lampu, tempat lilin, topeng, patung, dan berbagai souvenir. Berbagai peningkatan kualitas selalu diupayakan di desa Panjangrejo tersebut guna menghasilkan gerabah yang bagus baik dari segi mutu maupun segi desain sehingga menarik karena berkesan artistik.

gerabah, pundong, panjangrejo

Para wisatawan pun di desa Panjangrejo tersebut dapat secara langsung menikmati cara pembuatan gerabah gerabah tersebut, sekaligus bisa berinteraksi langsung dengan para pengrajin gerabah tersebut. Hal ini sangat menarik di samping kita bisa melihat proses sekaligus pembelajaran bagi para wisatawan untuk mendapatkan pengetahuan yang baru tentang pembuatan gerabah tersebut. Di tempat ini dalam produksinya dibedakan menjadi dua jenis produk yakni produk alami tanpa bahan kimia seperti tamarine dan terraccota dan produk hasil pengecatan. Selain itu para wisatawan dapat juga berbelanja produk ditempat ini tentunya dengan harga yang lebih murah dan terjangkau.

Dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-67 Desa Panjangrejo, Panitia mengadakan serangkaian acara sebagai berikut :

  • Senin, 18 Nopember 2013    : Semaan Al Qur’an & Mujahadah bersama KH Abdul Kholiq Syifa dari Wonokromo Pleret
  • Kamis, 21 Nopember 2013   : Ziarah ke Makam Pamong
  • Jum’at, 22 Nopember 2013   : Senam Massal
  • Minggu, 24 Nopember 2013  : Sepeda Gembira Jelajah Desa Wisata Panjangrejo
  • Senin, 25 Nopember 2013   : Pembukaan Festival Budaya oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, hiburan reog Ingas Mudho Taruno, Nini Thowong, Gejog Lesung dll.
  • Selasa, 26 Nopember 2013  : 14.00 Pentas Jathilan Kencono Jati
  • Selasa, 26 Nopember 2013  : 19.30 Malam Resepsi Hari Jadi Desa Panjangrejo ke 67 oleh Bupati Bantul dilanjutkan Pentas Wayang Kulit Semalam Suntuk bersama dalang Ki Suwondo Hadi Prayitno dengan lakon Bangun Bangsal Purbo Suyoso (akan disiarkan langsung oleh Radio Suara Parangtritis AM 828 dan bisa didengarkan di www.suaraparangtritis.com dengan mengaktifkan winamp player atau bisa juga di sini

 

Upacara Sedekah Laut TPI Mina Bahari Depok Tahun 2013

depok

Masyarakat Nelayan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mina Bahari 45 Pantai Depok Parangtritis Kretek Bantul akan mengadakan prosesi labuhan dalam rangka Sedekah Laut bagi Nelayan TPI Wisata Mina Bahari 45 Depok Parangtritis, Kamis (21/11/2013).

Rangkaian acara  dengan  kirab budaya yang menampilkan Bergodo Nelayan, Bergodo Pedagang Ikan, Bergodo Pedangang Asonga, Bergodo Warung Makan dan Bergodo Anak-anak, dilanjutkan dengan upacara Sedekah Laut.

Juga akan disajikan Nasi Nuk (Nasi Bungkus Daun) sebanyak 6.000 buah yang akan dibagikan gratis kepada seluruh pengunjung. Acara ini akan dimeriahkan dengan Pentas Kesenian Jathilan Putra dan Jathilan Putri, Pentas Tari-tarian dan Pentas Kesenian dari ISI Yogyakarta. Dan Puncak Acaranya pada malam harinya yaitu Malam Jumat Kliwon, 21 Nopember 2013 akan digelar Pentas Wayang Kulit Semalam Suntuk bersama dalang Ki Tono Hadi Sugito.