1000 Wisatawan Masuk Yogya Saat Long Weekend

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Insiden Lapas Cebongan nyatanya tidak mengurangi minat wisatawan untuk bertandang ke Yogyakarta. Ketua Association of the Indonesian Tour and Travel (Asita) DIY, Edwin Ismedi Himna mengatakan, sedikitnya ada 1000 wisatawan dari luar kota yang bertandang ke DIY saat libur Paskah, Jumat (29/3/2013).
Meski tidak mengalami kenaikan signifikan dibandingkan puncak liburan lainnya, namun angka tersebut masih terhitung normal. Tidak ada penurunan minat wisatawan yang terlalu drastis. “Liburan kali ini, kenaikan jumlah wisatawan hanya berkisar 10 hingga 15 persen dari hari normal. Tidak terlalu tinggi, karena beberapa waktu lalu sudah sering long weekend,” ucap Edwin.
Menurutnya, insiden penyerangan Lapas Cebongan yang terjadi beberapa waktu lalu tidak mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Wisatawan dari kalangan keluarga nyatanya tetap membanjiri sejumlah tempat wisata unggulan di kota budaya ini, misalnya Malioboro. Sedangkan pengunjung dari kalangan korporasi masih sangat minim.
Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Sri Winarto mengutarakan, pihaknya sudah memprediksi adanya lonjakan penumpang pada long weekend kali ini. Pasalnya, kebijakan PT KAI menyebutkan bahwa pemesanan tiket kereta sudah dapat dilayani sejak 90 hari sebelum keberangkatan. Oleh karenanya, lonjakan sudah terlihat dalam daftar pemesanan tiket di KAI.
“Tiket untuk keberangkatan Jumat hingga Minggu sudah ludes, sedangkan untuk Senin hanya menyisakan sekitar 20 persen tiket,” ucap Sri Winarto terpisah. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>