Kirab Budaya Dlingo Diusulkan Jadi Agenda Budaya Tahunan

Kirab Budaya Dlingo Bantul

Kirab Budaya Dlingo Bantul

BANTUL (Harian Jogja) – Kirab Budaya Desa Dlingo diusulkan menjadi agenda tahunan pendukung pariwisata budaya Kabupaten Bantul.

Kirab yang digelar, Kamis (20/6/2013) ini menampilkan aneka seni budaya tradisional yang ada di Bantul.

Kepala Desa Dlingo Bahrun Wardoyo mengatakan kirab budaya Memetri Budoyo setelah lama tenggelam kini digelar dalam suasana lebih semarak.

Bukan hanya anak muda yang tampil memainkan kesenian tradisional melainkan antusias diikuti anak, remaja hingga orang tua.

“Ini merupakan komitmen kami untuk kembali menampilkan ragam seni yang ada di Dlingo,” kata Bahrun disela melepas kirab.

Diakui Bahrun Dlingo memiliki ragam seni budaya yang selama ini hanya berkembang di tingkat
pedusunan. Dengan agenda kali ini aset seni budaya dapat diangkat sebagai daya tarik pariwisata budaya di Bantul. “Kami ingin kirab budaya ini kedepan menjadi agenda budaya di Bantul,” tambahnya.

Dengan munculnya seluruh kelompok seni budaya di Dlingo ini Bahrun berharap dapat memperkaya keistimewaan DIY. Menurutnya, perlu ada upaya pembinaan lebih lanjut dari pemerintah Bantul dan DIY.
|Endro Guntoro/JIBI/Harian Jogja|

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>