Abrasi Pantai Selatan Kian Menggila

Abrasi Depok

Abrasi Depok

BANTUL (KRjogja.com) - Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati melakukan inspeksi mendadak (sidak) di kawasan bencana abrasi Pantai Depok Parangtritis Kretek serta Pantai Kwaru Srandakan.

“Saya sangat prihatin dengan kejadian ini dan mengimbau kepada warga untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujar Bupati Bantul, Jumat pagi (20/09/2013).

Dijelaskan Bupati, abrasi semakin melebar ke utara hingga mendekati bangunan pasar ikan. Bahkan ada empat bangunan pasar ikan di dekat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang hancur diterjang abrasi.

“Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus menyelamatkan material bangunan, warga terlihat secara sukarela merobohkan bangunan warung ikan yang membujur ke utara. Karena abrasi makin menuju ke arah utara dan nyaris setiap hari abrasi terus terjadi,” urai Bupati.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Drs Dwi Daryanto MSi, menambahkan dibanding abrasi di Pantai Kwaru, abrasi Pantai Depok berbeda terutama kaitannya dengan kondisi bibir pantai bekas abrasi.

“Pantai Depok, kondisi bibir pantai bekas abrasi sangat curam dan bibir pantai nyaris berbentuk sembilan puluh derajat. Sedang di pantai Kwaru, meski hingga pantauan terakhir bangunan lebih banyak yang roboh namun kondisi bibir pantai landai dan tidak curam,” ujar Dwi.

Hingga pantauan terakhir Jumat (20/09/2013), abrasi di Pantai Kwaru mengakibatkan delapan bangunan warung permanen roboh total. Sebagian bangunan yang rawan terkena abrasi mulai dirobohkan pemiliknya.

Untuk mencegah terjadinya abrasi yang semakin parah, maka beberapa bangunan warung ikan yang membujur ke arah utara mulai dirobohkan secara sukarela. Selain mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, merobohkan juga untuk menyelamatkan sebagian material bangunan yang masih bisa dipakai kembali.

Dalam sidak yang didampingi Sekda Bantul, Drs H Riyantono, MSi, Kepala DPU Bantul, Ir H Heru Suhadi, Bupati tidak segan-segan menyusuri bibir pantai yang terkena abrasi sambil menyaksikan  secara langsung puing-puing bangunan warung yang roboh diterjang air laut. (Aje)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>