Wayangan Sedekah Laut Nelayan Pantai Depok

wayang seno nugroho(RSP AM 828)  Masyarakat Nelayan TPI Mina Bahari 45 Pantai Depok Parangtritis Kretek Bantul Yogyakarta, di penghujung akhir tahun 2014 tepatnya pada hari Kamis Wage, 6 Nopember 2014 telah menyelenggarakan Tasyakuran Sedekah Laut bagi Nelayan TPI Wisata Mina Bahari 45 Depok Parangtritis Kretek Bantul Yogyakarta. Acara seperti ini merupakan agenda tahunan masyarakat setempat di setiap Jum’at Kliwon di bulan Muharam.

Pengunjung yang menyaksikan rangkaian acara ini begitu luar biasa banyaknya. Dari sejak Kamis Pagi 6/11/2014 komplek TPI Depok sudah dipenuhi pengunjung. Hingga pukul 14.00 WIB saat acara Kirab Budaya dimulai, pengunjung yang datang semakin bertambah banyak. Ini terbukti dari Makanan Bungkus Daun (Nuk – Bhs. Jawa) yang disiapkan sebanyak 7.500 ternyata kurang banyak.
Dan Puncak Acaranya pada malam harinya yaitu Malam Jumat Kliwon, 6 Nopember 2014  digelar Pentas Wayang Kulit Semalam Suntuk bersama dalang Ki Seno Nugroho dengan lakon Wisanggeni Gugat. Sejak pentas belum dimulai, masyarakat penonton sudah memenuhi areal parkir TPI yang disulap menjadi panggung utama yang berukuran kurang lebih 20x40m. Saat tengah malam, hujan cukup deras mengguyur sekitar lokasi pentas, namun ini tidak menyurutkan antusiasme penonton untuk menikmati suguhan dalang Ki Seno Nugroho. 10 orang pesinden muda dibawa oleh ki dalang, diiringi oleh para wiyaga yang kesemuanya berusia muda.

Radio Suara Parangtritis juga telah berhasil menyiarkan secara langsung pentas wayang kulit ini. Bagi yang ingin mendengarkan Link audionya disini

(Darman Purwoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>