Tentang Kami

RADIO SUARA PARANGTRITIS

AM 927 KHz

Citra Wisata Seni dan Budaya

Landasan Pemikiran

Ketika dewasa ini nilai-nilai dan budaya-budaya barat telah masuk dan merasuk ke dalam budaya kita yang seakan tak terbendung lagi, maka apa yang disebut dengan tanda-tanda memudarnya nilai dan eksistensi budaya daerah yang mulai tenggelam, nampaknya sudah kita rasakan.

Pada masyarakat kontemporer saat ini, agaknya kita lebih menggemari budaya luar ketimbang budaya kita sendiri yang seharusnya kita junjung tinggi dan kita lestarikan. Tanggung jawab ini jatuh ke tangan kita manakala kita ingat bagaimana kondisi anak cucu kita 10 atau 15 tahun yang akan datang, apabila kita lalai terhadap tanggung jawab ini.

Sebuah media radio, akhir-akhir ini mendapat perhatian yang luar biasa dari masyarakat umum. Ini dapat dipahami ketika masyarakat yang sedang sibuk beraktivitas masih tetap dapat melakukan aktivitasnya sambil menikmati hiburan dan informasi. Dan ini dapat diperoleh dari media radio. Lain halnya dengan media elektronik lainnya (sebut saja televise, misalnya), untuk dapat menikmati hiburan dari siaran televisi, seseorang harus mengkonsentrasikan dirinya melihat tayangan televise tersebut.

Radio Suara Parangtritis, sebagai sebuah media penyiaran baru di Bantul yang mempunyai tagline Citra Wisata Seni dan Budaya, merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut melestarikan budaya Jawa khususnya dan budaya Indonesia pada umumnya dan lebih fokus lagi menyangkut sektor pariwisata dengan menyuguhkan materi-materi siaran yang sesuai dengan budaya Jawa dan budaya Indonesia. Radio Suara Parangtritis mendapat sambutan yang luar biasa dari pendengar di wilayah Yogyakarta, bahkan dari luar DIY pun memberikan sambutan dan dukungan untuk kemajuan Radio Suara Parangtritis.

Berbekal semangat dan ditambah dukungan dari Pemerintah Kabupaten Bantul khususnya, dengan diberikan rekomendasi oleh Sekda Kabupaten Bantul nomor 482/3308 tertanggal 2 Juli 2007, Rekomendasi Pemprop DIY Nomor 482-2/2627 tanggal 9 Juni 2007, dan Rekomendasi Kelayakan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 31/KPID/diy/I/2013 tanggal 2 Januari 2013. Perjalanan terus dilanjutkan, dari hasil Forum Rapat Bersama (FRB) antara KPI Pusat, KPID se Indonesia dan Pemerintah yang dilaksanakan di Makasar pada tanggal 21 – 24 Mei 2013 menyatakan bahwa Dokumen Permohonan Ijin dari Radio Suara Parangtritis dinyatakan lengkap dan diterima. Saat ini Radio Suara Parangtritis sedang dalam proses mendapatkan Ijin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Maksud dan Tujuan

  1. Mengembalikan nilai luhur budaya bangsa sebagai alat pemersatu dalam konteks berbangsa dan bernegara, serta mengembangkan sikap dan perilaku yang santun, beradab dan manusiawi yang merupakan ciri bangsa Indonesia.
  2. Melakukan revitalisasi seni budaya yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mensosialisasikan nilai-nilai ajaran luhur bangsa melalui media kesenian yang menghibur dalam bingkai kebangsaan.
  3. Sebagai media pemersatu dan membangun kebersamaan sesama pendengar dan masyarakat yang menjadi bagian penting dalam kehidupan bermasyarakat.

Visi

Menjadikan Radio Suara Parangtritis sebagai media untuk memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Nasional, pengembangan dan pelestarian seni budaya bangsa, dan lebih khusus pengembangan sektor pariwisata

HUBUNGI KAMI:

Contact Person:  Darman Purwoko
 Telepon : 0274 368123
 HP : 0818 0433 1828 & 081 7272 182
 e-mail: gasa.parangtritis@gmail.com

website : suaraparangtritis.com
Untuk dapat melihat lebih dalam, silahkan buka Profil Radio Suara Parangtritis

Peralatan Kami

Studio Siaran – Produksi – Musik – Editing

Transmitter AM – PDM Solid State 500 Watt by IQ Electronic Indonesia

Antenne Omni Directional Tinggi 45 M

Audio Processor 6 Band Limiter

Audio Mixer Behringer 8 Ch – Xenyx 1222 FX

Audio Mixer BEHRINGER 5  Xenyx  1202

Tape Recorder TEAC

CD Player SANSUI

Komputer Digital Audio Broadcasting

IP IV 2.6 GHz – RAM 1 GB – HD 160 GB –Soundcard SB Live Platinum

IP IV 1.8 GHz – RAM 512 MB – HD –160 GB – Soundcard SB Live DE 7.1

Komputer Multimedia untuk Streaming

Digital Audio Processor

BBE Sonic Maximizer 462 – Compressor Limiter Behringer

APHEX AURAL EXCITER – AUDIO INTERACTIVE DYNAMIC PROCESSOR

Microphone Behringer Super Cardioid XM 1800s

Hybrid Telephone by IQ Electronic Indonesia

Unit Siaran Luar Jarak Pendek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>